Batik Cirebon

Batik Cirebon

Batik merupakan salahsatu kebudayaan yang khas dan berasal dari Negara Indonesia. Dan sejak tanggal 2 Oktober 2009 telah diakui oleh dunia serta ditetapkan oleh UNESCO. Batik telah diakui sebagai kebudayaan dari Indonesia. Dari setiap daerah, batik memiliki ciri khas tersendiri. Seperti batik khas parang kusumo dan batik kawung untuk Yogyakarta, Pekalongan yang memiliki motif terkenal yaitu Jlamprang. Cirebon yang merupakan bagian dari wilayah Jawa Barat pun memiliki motif batik khas tersendiri.

Motif batik dari Cirebon yaitu seperti :

1.Motif Megamendung

Berasal dari dua suku kata yaitu Mega yang artinya awan dan mendung yang berarti cuaca mendung. Motif ini menggambarkan awan mendung atau cuaca yang akan turun hujan. Jadi motif ini memiliki filosofi bahwa awan mendung yang akan menurunkan air hujan yang dapat memberikan berkah serta memberi kehidupan bagi alam serta semua makhluk hidup.

2.Motif Kompeni

Yaitu motif batik yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat Indonesia ketika dijajah oleh Belanda yang disebut juga kompeni. Menggambarkan aktivitas yang ada pada zaman Belanda seperti masyarakat yang dipaksa bekerja oleh tentara Belanda.

3.Motif Sawat Pengantin

Motif batik ini mempunyai filosofi mampu melindungi para pemakainya darai segala hal yang buruk, dalam hal ini kedua mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Motif ini juga melambangkan tentang harapan dan kebahagiaan para pemakainya.

4.Motif Paksi Naga Liman

Menggambarkan sebuah kereta sakti yang dinamakan Paksi Naga Liman. Menurut sejarahnya paksi naga liman adalah seekor hewan keramat yang terdiri dari gabungan tiga hewan yaitu Paksi ( Burung Garuda ),Naga(Ular), dan Liman (Gajah).

kunjungi : www.tokobatik.id

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *