Busana Muslim yang Sesuai dengan Syariat

Busana Muslim yang Sesuai dengan Syariat – Saat ini banyak wanita muslim yang telah mengenakan busana muslim/jilbab. Ada yang sudah berpakaian sesuai dengan tuntunan agama dan ada juga yang sudah memakai namun belum sesuai dengan yang diajarkan oleh agama. Seperti, ada yang memakai kerudung namun belum menutupi dada atau dia memakai kaus serta celana yang ketat (tidak longgar) sehingga masih terlihat lekuk tubuhnya.

Lalu bagaimana busana muslim yang sesuai dengan syariat agama Islam? Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam berpakaian muslimah yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu :

1.Menutupi Seluruh Tubuh, Kecuali Wajah dan Kedua Telapak Tangan

Seperti dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzaab :59 yang berarti : “Wahai Nabi! Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha pengampun, Maha Penyayang.”

2.Tidak Memakai Wangi-wangian (Parfum)

Rasulullah melarang wanita memakai wangi-wangian meskipun untuk pergi ke mesjid. Sedangkan bila wanita menggunakan di hadapan suaminya, di dalam rumahnya, maka hal ini diperbolehkan dan bahkan dianjurkan berhias di depan suaminya.

3.Harus Longgar dan Tidak Ketat

Pakaian yang dikenakan tidak ketat atau sempit tetapi longgar serta nyaman saat dipakai dan harus menutup bagian tubuh yang dapat menggiurkan nafsu laki-laki.

4.Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Bahwa pakaian laki-laki harus berbeda dengan pakaian wanita dan tidak boleh lelaki berpakaian wanita begitu juga sebaliknya.

5.Tidak Menyerupai Pakaian Wanita-wanita Kafir

Dalam syariat Islam ditetapkan bahwa kaum muslim tidak boleh bertasyabbuh atau menyerupai orang-orang kafir, baik itu dalam ibadah maupun pakaian khas mereka.

6.Tidak Berniat untuk Mencari Popularitas

Sabda Rasulullah bahwa “Barangsiapa yang mengenakan pakaian syuhrah (untuk mencari popularitas) di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya di hari Kiamat lalu membakarnya dengan api Neraka.”

7.Agar Diutamakan Berwarna Gelap

Dianjurkan untuk memakai pakaian yang berwarna gelap agar dapat menghindarkan fitnah dari pakaian yang mereka kenakan. Dan sangat sempurna bila mengenakan jilbab yang dikenakan wanita itu berkain tebal serta berwarna gelap.

8.Tidak Terdapat Gambar Makhluk yang Bernyawa.

Hal ini berlaku baik bagi wanita maupun laki-laki muslim.

9.Tidak Berfungsi sebagai Perhiasan

Firman Allah SWT yang artinya : “Dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang biasa terlihat.” (An-Nuur:31)

10.Menggunakan Kain yang Tebal dan Tidak Tipis

Wanita dilarang untuk memakai busana yang ketat atau tipis sehingga menampakkan bentuk tubuhnya.

Itulah beberapa ketentuan tata cara berpakaian muslimah yang sesuai dengan syariat Islam. Dan mudah-mudahan sebagai wanita muslim dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *